Xiaomi Beberkan Teknologi Pembuangan Panas di Smartphone Lipat Mi Mix Fold

Xiaomi Beberkan Teknologi Pembuangan Panas di Smartphone Lipat Mi Mix Fold

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi dikabarkan akan menghadirkan perangkat smartphone lipat bernama Mi Mix Fold. Tak segan, Xiaomi pun menjelaskan cara mereka mengatasi masalah terkait bagaimana teknologi pembuangan panas yang mereka terapkan pada ponsel lipat mereka.

Dalam postingan di Weibo, Xiaomi menjelaskan bahwa salah satu masalah smartphone lipat adalah kemampuan perangkat untuk menghilangkan panas di lipatannya.

Masalah lainnya adalah ketidakseimbangan terletak di bagian bawah perangkat yang berisi SoC. Hal tersebut wajar, mengingat bagian ini selalu menumpuk banyak panas.

Di Mi Mix Fold, Xiaomi telah mengembangkan teknologi pembuangan panas "Kupu-kupu" yang dapat menghilangkan panas dari satu sisi ponsel ke sisi lain melalui mekanisme engsel yang diterapkan. Ini berarti area pendingin jauh lebih besar daripada smartphone yang tidak bisa dilipat.

Mi Mix Fold menggunakan kombinasi pendingin cair, gel termal, lembaran grafit multilayer, lembaran grafit yang dapat ditekuk, dan lembaran foil tembaga. Ini memberi Mi Mix Fold area pembuangan panas 22.583 mm persegi.

Untuk "menjembatani" kedua sisi ponsel untuk pembuangan panas, Xiaomi mengembangkan "terowongan perpindahan panas". Bagian ini menggunakan bahan grafit tahan lengkung.

Xiaomi mengatakan material ini hanya kehilangan 3-5% kemampuannya untuk mentransfer panas setelah dibengkokkan 180 derajat sebanyak 200.000 kali.

Xiaomi menjelaskan bagaimana Mi Mix Fold meningkatkan pembuangan panas

Gambar di atas menunjukkan proses yang diperlukan untuk membuat grafit dapat ditekuk. Ini melibatkan beberapa proses manufaktur.

Xiaomi Mi Mix Fold diharapkan mulai dijual di China mulai Jumat 16 April. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 888, memiliki layar eksternal 6,52 inci dan layar lipat internal 8,01 inci.

Baterainya berkapasitas 5020 mAh dan didukung fast charging 67W, kamera utama 108MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera telefoto 8MP.

Pos Xiaomi Mengungkap Teknologi Pembuangan Panas pada Ponsel Pintar Mi Mix Lipat Lipat muncul pertama kali di Selular.ID.

Baca:  Xiaomi Mi 10i Resmi; Anggota Baru Mi 10-Series yang Membanggakan Kamera 108MP dan Dukungan 5G