Transjakarta Rilis Aplikasi Tije, LinkAja Jadi Metode Pembayaran Digital

Aplikasi Tije LinkAja Tranjakarta
Aplikasi Tije LinkAja Tranjakarta

MBahkan selama pandemi, protokol kesehatan dengan transportasi umum diperketat, tetapi Transjakarta tetap menjadi salah satu moda transportasi favorit warga Jakarta. Setelah moda transportasi lain seperti KRL Commuterline dan MRT bisa melakukan pembayaran nirsentuh melalui aplikasi, TransJakarta kini mengikuti hal serupa. Mereka merilis aplikasi Tije untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi warga DKI yang menggunakan layanan Transjakarta.

Aplikasi Tije memungkinkan Anda untuk membeli tiket secara online, mengetahui informasi rute, pemberhentian, dan posisi bus, serta berbagai layanan lainnya. LinkAja yang saat ini memiliki lebih dari 57 juta pengguna terdaftar di seluruh Indonesia hadir sebagai uang elektronik nasional berbasis server pertama yang dapat digunakan di Transjakarta melalui aplikasi Tije.

Haryati Lawidjaja, Presiden Direktur LinkAja, mengatakan inovasi Transjakarta sebagai salah satu andalan transportasi umum warga Jakarta dalam menciptakan aplikasi Tije tentunya sejalan dengan komitmen perseroan untuk memberikan kemudahan pembayaran digital.

“Kami berharap kerjasama strategis antara LinkAja dan Transjakarta dapat semakin mendorong kepercayaan dan kebiasaan masyarakat terhadap pembayaran digital, sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian semua masyarakat,” kata Haryati.
Baca juga: Tarik Tunai Saldo GoPay Kini Tersedia di Semua ATM BCA, Begini Caranya!

Kolaborasi LinkAja pada Aplikasi Tije

Dengan LinkAja sebagai sumber pembayaran Transjakarta, LinkAja kini diklaim sebagai uang elektronik yang memiliki ekosistem transportasi terlengkap. Melalui kemudahan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bertransaksi dari segi waktu, serta rasa aman dan nyaman.

Kerja sama ini juga mendorong ekosistem pembayaran nontunai, khususnya pada layanan Transjakarta sebagai salah satu angkutan umum terbesar di DKI Jakarta, serta andalan mobilitas warga yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta bagi warganya.

Achmad Izzul Waro, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta mengatakan, Transjakarta menyambut baik kerjasama ini, karena sangat mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mewujudkan City 4.0 dan regenerasi perkotaan berbasis digitalisasi sistem transaksi, serta touchless. teknologi untuk menekan penularan COVID-19.

Baca:  Desain Samsung Galaxy W21 Terlihat Mirip Seperti Galaxy Z Fold2

Selain aplikasi Tije, LinkAja juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran digital untuk top up di vending machine yang tersedia di 200 halte Transjakarta. “Kami merevolusi kapabilitas kami sebagai langkah awal untuk mengintegrasikan pembayaran antar moda transportasi, menuju pintu gerbang Program Jak Lingko Indonesia, artinya secara teknologi kami sudah siap,” kata Achmad.

Tiket QR dan Metode Pembayaran LinkAja di Aplikasi Tije

Tiket QR buatan Transjakarta diklaim sebagai inovasi pertama di Indonesia, di mana kode QR tidak hanya digunakan untuk membeli dan menggunakan. Namun, Anda dapat melakukan transfer kepada siapa pun yang Anda inginkan, sehingga memberikan lebih banyak keuntungan.

Dengan adanya kode QR ini, diharapkan pelanggan dapat lebih mandiri dan disiplin dalam menerapkan penggunaan satu tiket untuk satu orang, tanpa sentuhan. Kode QR LinkAja di aplikasi Tije memiliki beberapa keunggulan untuk membuat perjalanan dengan Tije nyaman, seperti:

  • Bisa beli tiket online dimanapun dan kapanpun
  • Teknologi Touchless
  • Dilengkapi dengan fitur transfer antar pengguna
  • Menampilkan pelacakan posisi bus dan waktu tunggu secara real-time
  • Dilengkapi dengan notifikasi pintar untuk mengingatkan pelanggan akan rencana perjalanan mereka seperti asisten pribadi digital.

Pembayaran menggunakan LinkAja di aplikasi Tije sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Tije, lalu pilih tiket dan tujuan.
  • Pilih pembayaran menggunakan LinkAja, lalu pilih menu bayar.
  • Pengguna akan diarahkan ke halaman menu utama, pilih menu Tiket Saya
  • Setelah masuk, akan ada kode QR yang sudah dibeli
  • Kemudian pindai kode QR tiket ke mesin pemindai.