Perangkat Tablet Tumbuh Positif Secara Global, Produk Apple Memimpin  

Best Tablet Selular Editor's Choice 2020

Best Tablet Selular Editor's Choice 2020

Jakarta, Selular.ID – Pandemi Covid-19 mendorong masyarakat beraktifitas di rumah, dengan mengandalkan perangkat komputasi PC, notebook, dan tablet untuk pendidikan, bekerja atau hiburan.

Menurut laporan terbaru Canalys, produsen tablet telah mengirim sebanyak 5,2 juta perangkat pada Q4 2020. Posisi tertinggi ada pada Apple yang menguasai 36 persen pangsa pasar tablet dunia melalui produk iPadnya. Angka ini mengalahkan Samsung, Huawei, dan Amazon.

Baca juga: Tablet Murah Samsung Diprediksi Sudah Mendukung 5G

Berdasarkan laporan Canalys, iPad pada kuartal Q4 pengirimanya tembus hingga 19,2 juta perangkat. Jumlah ini meningkat 40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019, yang tercatat 13,7 juta pengiriman saja. Dan menurut Canalys, capaian ini merupakan yang tertinggi yang diraih Apple sejak kuartal empat (Q4) 2014.

Di posisi kedua, ada Samsung yakni mengirimkan 9,9 juta unit tablet. Meski terpaut jauh dari Apple, jumlah tesebut meningkat dari Q4 2019 di mana saat itu Samsung mengirimkan 7,1 juta tablet. Dan atas capaian itu, Samsung meraup pangsa sebesar 19 persen di Q4 2020 ini.

Kemudian di bawahnya, ada Amazon dan Lenovo yang pada kuartal keempat 2020 kali ini masing-masing berhasil mengirimkan 6,5 juta dan 5,6 juta perangkat. Tiga bulan terakhir tahun 2020 memang sangat positif bagi Lenovo yang meningkatkan pengirimannya 125%, dari 2,5 juta menjadi 5,6 juta, mendorong perusahaan itu naik di 5 teratas untuk tahun ini.

Sedangkan Huawei adalah satu-satunya pemain utama yang tidak dapat memanfaatkan situasi tersebut dan pengirimannya turun 24% pada Q4 2020, yang pada akhirnya memungkinkan Amazon dan Lenovo untuk memperkecil jarak untuk tempat ketiga.

Baca juga: Bos Honor Tak Menampik Kabar Bermitra Dengan Google  

Baca:  Apple Terapkan Fitur Face ID dan Touch ID Pada Safari 14

Menurut Ishan Dutt, analis Canalys, pertumbuhan pengiriman tablet di Q4 ini mengindikasikan bahwa tablet dipilih orang untuk menemani berbagai kegiatan pengguna selama masa pandemi. Ke depannya, perangkat tablet diprediksi akan menjadi elemen penting dari portofolio para vendor-vendor dunia, termasuk vendor PC seperti Microsoft, Dell, dan Lenovo.

The post Perangkat Tablet Tumbuh Positif Secara Global, Produk Apple Memimpin   appeared first on Selular.ID.