MediaTek Mau Luncurkan Seri Dimensity 6nm, Kapan?

MediaTek Mau Luncurkan Seri Dimensity 6nm, Kapan?

MediaTek, salah satu pabrikan chipset untuk perangkat mobile baru saja mengonfirmasi bahwa mereka akan mengadakan acara peluncuran pada 20 Januari. Diperkirakan, bakal ada chipset terbaru yang akan diumumkan oleh MediaTek di bawah jajaran Dimensity.

Selain itu, MediaTek sendiri juga telah menetapkan bahwa tema yang akan diangkat dalam acara tersebut adalah “Sensation”. Besar kemungkinan tema tersebut sengaja diangkat berkaitan dengan produk baru yang akan mengusung teknologi superior dan pengalaman yang ditingkatkan.

Hal ini sepertinya sejalan dengan bocoran sebelumnya yang pernah dibagikan oleh leaker Digital Chat Station bahwa MediTek kemungkinan akan meluncurkan chipset terbaru. Ya! Chipset yang dimaksud adalah MT689x pada pertengahan Januari. Ini akan menjadi chipset pertama perusahaan yang diproduksi menggunakan proses 6nm.

 

Sesuai laporan sebelumnya, ada dua chipset Dimensity terbaru yang akan datang. Keduanya akan diproduksi menggunakan teknologi proses 5nm atau 6nm. Salah satunya adalah MT6893 yang menggunakan core ARM Cortex-A78 dan core utama memiliki frekuensi tertinggi, yakni 3,0 GHz.

Chipset tersebut besar kemungkinan bisa tiba dengan GPU Mali G77 untuk pemrosesan grafis. Laporan juga menunjukkan bahwa chipset MediaTek yang akan datang akan memiliki konfigurasi desain yang sama dengan Samsung Exynos 1080, yang menjadi “tenaga” dari jajaran vivo X60 yang baru diluncurkan.

Bagi yang belum tahu, seri chipset mobile Dimensty buatan MediaTek hadir dengan dukungan teknologi komunikasi 5G. Sejauh ini, MediaTek telah meluncurkan beberapa model dalam jajaran Dimensity, mulai dari seri “ramah anggaran” hingga kelas menengah premium.

Berkat penjualan yang melonjak, MediaTek kini juga menjadi pelanggan terbesar ketiga dari produsen chipset TSMC. Baru-baru ini, MediaTek juga dinobatkan sebagai vendor terkemuka untuk chipset smartphone pada kuartal ketiga 2020, dan berhasil menggeser Qualcomm.