Ingin Melatih Kreativitas Anak? Bermain Game Ini Bisa Menjadi Solusinya

Game Melatih Kreativitas Anak

Kitakini.news – Tidak semua game di Android atau iOS memiliki manfaat untuk anak-anak. Padahal, banyak permainan yang berpotensi berdampak negatif bagi anak. Namun bukan game yang akan kami rekomendasikan kali ini. Game-game di bawah ini pasti bisa melatih kreativitas dan meningkatkan si kecil. Tidak hanya itu, dalam permainan ini anak-anak juga akan bebas untuk membiarkan imajinasinya menjadi liar.

Minecraft

Game Minecraft
Gambar: Game Minecraft (Mojang.com)

Game tipe grafik blok ini dibuat oleh Mojang. Minecraft telah booming sejak tahun 2009 dalam versi PC-nya, setelah melakukan remake ke versi Android pada tahun 2011, popularitasnya masih bertahan hingga saat ini.

Dalam permainan tersebut, anak-anak akan disuguhkan dengan karakter balok yang akan digunakan untuk membuat bangunan sesuai dengan keinginannya. Tak hanya itu, di dalam game ini anak-anak juga akan diajari cara merawat tanaman dan hewan peliharaan.

Bagi para orang tua yang ingin meningkatkan kreativitas anak, permainan ini cocok dimainkan untuk melatih kreativitas. Sayangnya Minecraft merupakan game yang harus diunduh dengan biaya tertentu, namun jangan khawatir, Anda juga dapat mencoba versi gratisnya terlebih dahulu di Playstore.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Inilah bahaya kecanduan bermain game bagi anak-anak.

Block Craft 3D

Game Block Craft 3D
Gambar: Block Craft 3D Games (APKPure.com)

Hampir sama dengan game Minecraft, Block Craft 3D merupakan game yang memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk membangun berbagai bangunan seperti rumah, kastil atau bahkan bangunan lainnya sesuai imajinasi pemain.

Dalam permainan ini akan diuji kreativitas anak dalam menata bangunan. Tapi jika anak belum punya ide untuk membangun, disini kamu juga bisa mengunjungi pemain lain '. desa untuk menemukan ide. Tetapi ini hanya dapat dilakukan melalui fitur online atau menggunakan internet. Faktanya, game ini telah menjadi salah satu game gaya grafis blok dengan jumlah unduhan terbanyak. Hingga saat ini Block Craft 3D telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store.

Baca:  Bazaar Laptop Gahar Diskon 60% Dari Lazada

SimCity BuildIt

Game SimCity BuildIt
Gambar: SimCity BuildIt Game (www.ea.com)

SimCity BuildIt adalah remake dari SimCity pada versi PC. Sekarang game ini dikeluarkan khusus oleh Electronic Arts (EA) untuk pengguna ponsel. Meski dibuat khusus untuk pengguna ponsel, namun mekanisme yang digunakan masih mirip dengan SimCity versi PC. Bagi para orang tua yang ingin meningkatkan kreativitas anak dalam hal membangun, game ini juga menjadi rekomendasi untuk melatih kreativitas anak.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai gubernur yang ditugaskan untuk membangun kota dari kota sepi menjadi megapolitan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, para pemain harus mulai membangun semua infrastruktur yang ada agar lahan kosong dapat dipenuhi oleh penduduk dan kota yang lengkap. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun pabrik agar dapat menghasilkan besi atau kayu yang digunakan untuk membangun perumahan.

Baca Juga: Ini Solusi Cerdas Atasi Kecanduan Main Game pada Anak.

Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memudahkan anak dalam memainkan permainan di atas, selain membantu mereka dalam permainan, orang tua juga dapat menikmati belajar dan bermain dengan anaknya.

Editor: Khairul Umam

Postingan Ingin Melatih Kreativitas Anak? Memainkan game ini bisa jadi solusinya muncul pertama kali di Kitakini News.