Drone Dimanfaatkan untuk Awasi Pipa Minyak dan Tambang Minyak Ilegal

Honor V40 5G, Flagship Pertama Pascapisah dari Huawei
Terra Drone Indonesia baik-baik saja

P.Produksi dan transportasi minyak mentah di Indonesia telah lama mengalami beberapa masalah keamanan, seperti pencurian. Pencurian minyak mentah biasanya dilakukan dengan cara penyadapan ilegal dan pengeboran sumur ilegal.

Penyadapan ilegal dengan mode aktif pipa bocor dapat mempengaruhi kondisi lingkungan sekitar pipa menjadi tercemar. Jika tidak ditangani dengan cepat maka akan terjadi pencemaran lingkungan yang masif hingga kebakaran. Begitu juga dengan pemboran sumur minyak ilegal.

Baca juga: DJI Mini 2, Drone Ringkas & Ringan dengan Rekaman 4K

Dilansir dari detik.com, Kepala SKK Migas memperkirakan total produksi minyak dari sumur-sumur ilegal tersebut mencapai 10 ribu barel per hari. Negara mengalami kerugian yang sangat besar tidak hanya dari pengeboran minyak ini, tetapi juga mengatasi pencemaran lingkungan akibat tumpahan minyak yang memakan biaya yang tidak sedikit.

Cara konvensional yang digunakan perusahaan minyak dalam mencegah pencurian minyak adalah dengan menggunakan aparat keamanan yang melakukan patroli 24 jam. Namun pipanya sangat panjang dan hanya bisa diakses di beberapa bagian saja. Sehingga pelaku pencurian memanfaatkan daerah yang sulit dijangkau tersebut untuk melakukan aksinya. Tak hanya kendala akses, potensi bahaya juga bisa muncul dari para pelaku pencurian minyak itu sendiri.

Drone sayap tetap untuk memantau tambang minyak

Dengung
Berdasarkan Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia, cCara baru untuk membantu memantau jaringan pipa dan penambangan minyak ilegal adalah dengan menggunakan drone. Drone ini memiliki kemampuan menjangkau daerah yang sebelumnya sulit atau bahkan tidak mungkin diakses dengan metode konvensional.

“Dengan drone, perusahaan bisa mengumpulkan informasi yang lebih akurat tentang lokasi terjadinya illegal tapping dan illegal drilling. Nantinya, perusahaan migas bisa mengalokasikan personel untuk keperluan lain untuk mengambil tindakan,” kata Michael.

Baca:  Xiaomi Redmi K30S Diluncurkan, Gunakan Layar 144Hz dan Snapdragon 865

Selain menggunakan drone untuk kegiatan inspeksi, drone juga dapat melakukan pengawasan udara menggunakan drone untuk jalur pipa dan penambangan minyak ilegal. Salah satu teknologi dari Terra Drone Indonesia juga telah beberapa kali melakukan pengawasan dan patroli jaringan pipa minyak, dengan kemampuan daya jelajah tinggi berkisar antara 30 km – 40 km.

Durasi penerbangan drone sekitar 2 – 3 jam dengan ketinggian terbang lebih dari 200 meter. Drone sayap tetap yang biasa digunakan untuk pengawasan dipadukan dengan kamera yang dapat mengirimkan video dari jarak jauh. Dengan penggunaan drone yang rutin digunakan, perusahaan migas dapat melakukan pengawasan dan penegakan yang lebih baik serta menekan kegiatan pencurian minyak, baik penyadapan ilegal maupun penambangan minyak ilegal.