Bisa Jadi Asisten Pribadi, Samsung Pamerkan Duo Asisten Robotik Pintar

Gadgetren

Samsung-Bot-Handy-x-Seung

Gadgetren – Dalam perhelatan CES 2021 secara virtual, Samsung Electronics turut menggelontorkan teknologi terbaru menggunakan Artificial Intelligence (Al) dan robot ke dalam kehidupan rumah tangga, yakni Samsung Bot Care dan Bot Handy.

Sebastian Seung selaku President and Head of Samsung Research menjelaskan bahwa Samsung Bot Care bisa menjadi asisten pribadi di rumah. “Robot ini bekerja secara intuitif untuk mengenali dan merespon kebiasaan penggunanya,” ujarnya.

Jika pengguna duduk terlalu lama di depan laptop, maka Bot Care akan mengingatkan untuk berdiri dan merekomendasikan penggunanya bergerak melakukan relaksasi ringan. Ia akan dapat bertindak sebagai asisten sekaligus pendamping robotik untuk membantu menangani hal-hal kecil dalam hidup sehari-hari.

Ia juga akan mengatur jadwal pengguna dan mengirimkan pengingat 15 menit sebelumnya untuk membantu memandu pengguna menjalani kesibukan sepanjang hari. Sementara Samsung Bot Handy juga memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan Bot Care dimana ia dapat mengenali dan mengambil objek dengan berbagai ukuran, bentuk, dan berat.

Robot ini berbentuk ramping persegi panjang dengan roda berputar di bagian bawahnya untuk bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain di dalam rumah. Ia memiliki satu tangan kiri yang dapat menjepit gelas berisi air putih. Bahkan ia memiliki layar di bagian kepalanya dengan dua mata robot yang menyala.

Seung mengatakan bahwa Bot Handy berperilaku layaknya asisten rumah tangga dimana bisa membantu menjadi perpanjangan tangan pengguna untuk mengerjakan pekerjaan di dalam rumah. Uniknya, robot ini mampu membedakan berbagai benda di rumah.

Tak hanya itu saja, Bot Handy bisa membersihkan kamar yang berantakan atau memilah-milah piring yang sudah dibersihkan di tempat pencucian ke tempat yang kering. Guna mempersiapkan masa depan, Samsung pun kabarnya mengembangkan pengaplikasian nyata lainnya dari teknologi AI untuk kehidupan sehari-hari.

Baca:  Siap Dirilis, Harga Realme X3 Superzoom Mulai Terbongkar

Samsung-Bot-Care-dan-Bot-Handy

Salah satunya dengan terus membangun Samsung Bot Retail. Layanan ini akan memandu pengguna di luar rumah dalam lingkungan retail, GEMS, dan exoskeleton Samsung yang berfokus pada kesehatan sebagai pendukung mobilitas.

Dengan begitu, inovasi ini memungkinkan robot dan perangkat robotik untuk hidup berdampingan dengan manusia, meningkatkan kehidupan manusia dan mendukung berbagai gaya hidup, dan lingkungan yang berbeda.

Baca lebih lanjut seputar gadget di gadgetren.comThe post Bisa Jadi Asisten Pribadi, Samsung Pamerkan Duo Asisten Robotik Pintar first appeared on Gadgetren.