Belajar Lebih Maksimal Menggunakan Fitur Focus Mode

Focus Mode Samsung Galaxy M31
Mode Fokus pada Samsung Galaxy M31

SSelama masa belajar jarak jauh (PJJ) masih berlangsung, mungkin kegiatan belajar online anak akan terasa kurang maksimal. Karena situasinya berbeda – jika Anda berada di satu kelas di sekolah, Anda mungkin akan lebih fokus untuk memperhatikan guru dan materi. Sedangkan di rumah, akan lebih banyak gangguan di sekitarnya.

Tidak hanya gangguan di sekitar, yang terbesar juga dari perangkat yang digunakan oleh anak-anak atau siswa sehari-hari. Yup, itu adalah smartphone. Saat mengikuti kelas online, muncul notifikasi dari Instagram, Twitter atau WhatsApp. Sedikit demi sedikit ia memeriksa, yang mengakibatkan proses PJJ menjadi kurang optimal. Nah, bagi yang menggunakan smartphone Samsung terbaru ada solusinya.

Samsung memberikan fitur khusus pada menu Digital Wellbeing yaitu Focus Mode. Digital Wellbeing sendiri merupakan bagian fitur dari antarmuka One UI 2.0. Tidak hanya di seri flagshipnya saja, ia juga bisa diakses dari smartphone terjangkau termasuk seri Samsung Galaxy A. Penasaran dengan keunggulan fitur yang satu ini?

Perbedaannya ada pada fitur Focus Mode dan Do Not Disturb

Sebelum kita menyelami lebih dalam lagi, yang perlu sobat ketahui Gizmo adalah fungsi utama dari Focus Mode itu sendiri. Dari namanya, mungkin Anda akan merasa fitur ini mirip dengan Do Not Disturb yang sudah ada sejak lama. Tetapi keduanya berbeda – Jangan Ganggu berfungsi untuk mematikan semua pemberitahuan. Dapat membantu proses pembelajaran, namun jika ada notifikasi penting seperti telepon, maka pengguna tidak akan mengetahuinya.

Sekarang, dengan Mode Fokus, itu tidak akan terjadi. Dimaksudkan agar kita bisa lebih fokus pada pekerjaan dan sekolah, fitur ini memudahkan pengguna mengontrol aplikasi apa saja yang bisa diakses saat diaktifkan. Aplikasi lain akan tampak berwarna abu-abu atau abu-abu, dan kami tidak dapat mengaksesnya saat fitur Mode Fokus sedang berjalan.

Cara Mengakses dan Mengaktifkan Mode Fokus

mode fokus samsung galaxy
Aplikasi dan game tidak dapat diakses saat fitur Mode Fokus Samsung diaktifkan.

Ada dua pintasan utama yang dapat kita pilih untuk mengakses Mode Fokus. Cara mudah untuk mengupas adalah melalui pintasan cepat di bilah notifikasi atas. Secara default, opsi untuk mengakses Mode Fokus akan muncul di baris pintasan. Kalau tidak ada tentu di tambahkan saja. Kalau sudah ada tinggal tap, langsung aktifkan.

Baca:  Lebih Segar, Intel Core Generasi ke-11 dengan Platform Intel Evo Resmi Diperkenalkan

Cara kedua adalah dengan mengakses menu Setting, kemudian scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu Digital Wellbeing. Di dalamnya akan tersedia Focus Mode dengan beberapa profile yang bisa kita pilih. Pilih salah satunya untuk mengaktifkan sesuai ketentuan. Untuk mematikan fitur Focus Mode, Anda bisa kembali ke Digital Wellbeing, atau cukup geser bilah notifikasi di atas, lalu tap notifikasi Focus Mode.

Ubah Profil Sesuai Dengan Kebutuhan

Samsung Menjaga Semangat SekolahPada menu Digital Wellbeing, fitur Focus Mode umumnya akan ditampilkan dengan dua profil awal; Work time dan Me time, maka kita dibiarkan dengan profil tambahan yang bisa kita buat. Kini, bagi siswa, mereka dapat menyesuaikan ketiga opsi tersebut agar sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, dengan opsi aplikasi yang berbeda.

Misalnya, waktu kerja dapat diubah namanya menjadi waktu sekolah. Kemudian untuk daftar aplikasi, Anda dapat mengedit atau menambahkan aplikasi yang perlu diakses. Sebut saja, aplikasi WhatsApp untuk notifikasi grup kelas, Google Chrome dan Microsoft Office untuk akses materi, Google Drive dan lainnya. Aplikasi media sosial dibiarkan tidak dipilih sehingga tidak muncul sebagai gangguan.

Dua profil lain dapat disetel seperti "Waktu pekerjaan rumah" atau "Waktu saya". PR digunakan untuk waktu membuat tugas, dengan aplikasi seperti Spotify atau YouTube Music untuk menemani anak mengerjakan tugas diiringi musik. Jika sudah waktunya Saya, Anda bisa memberi akses ke aplikasi platform game dan video streaming, sehingga Anda tidak terganggu oleh notifikasi dari aplikasi lain.

Fitur ini juga dapat digabungkan dengan fitur lain di Digital Wellbeing, seperti pengatur waktu aplikasi, yang dapat membatasi waktu aplikasi di smartphone. Focus Mode bisa diakses bahkan di smartphone termurah dari Samsung, seperti Samsung Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11. Bagi orang tua dan anak serta siswa dapat langsung menggunakan Focus Mode agar proses PJJ berjalan lebih efektif.


Penolakan: artikel ini merupakan kolaborasi dengan Samsung Indonesia